Massa Trump Kepung ‘KPU’ Michigan Minta Stop Penghitungan

Massa Donald Trump

topmetro.news – Massa pendukung calon presiden petahana Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan berkumpul di luar kantor panitia penghitungan suara oleh KPU setempat di TCF Center, Kota Detroit, Michigan. Mereka berkumpul untuk menyerukan penghentian penghitungan suara Pilpres.

Mengutip dari Newsweek, massa Republikan itu berkumpul setelah Manajer Kampanye Trump Bill Stepien merilis pernyataan bahwa pihaknya akan melayangkan gugatan kepada Pengadilan Michigan untuk menghentikan penghitungan suara.

Saat itu, calon pesaing Trump, Joe Biden sudah mendekati 99 persen menguasai Michigan.

Stepien mengklaim pihaknya tak mendapatkan akses untuk mengawas penghitungan suara untuk daerah itu (Michigan). “Hentikan penghitungan! Hentikan penghitungan!” demikian teriakan Republikan berulang-ulang dari luar TCF Center.

Para netizen pun ramai merekam video para demonstran tersebut dan mengunggahnya ke media-media sosial, termasuk Twitter. Terlihat pula para polisi berjaga seputar TCF Center mencegah massa Republikan merangsek ke dalam fasiltas tersebut.

“Biarkan kami masuk,” ujar salah satu pengunjuk rasa dari luar fasilitas TCF Center Kota Detroit tersebut.

Kemenangan Joe Biden

Sebagai informasi, jumlah suara elektoral calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, hampir mendekati ambang batas kemenangan.

Dalam penghitungan suara elektoral, Kamis (5/11/2020) pukul 06.20 WIB, Biden sementara unggul dengan 253 suara elektoral. Sedangkan Donald Trump, mendapatkan 213 suara elektoral. Sementara dari hasil perhitungan Associated Press, Biden meraih 264 suara. Sementara Trump sampai saat ini mendapatkan 214 suara elektoral.

Masing-masing capres harus mendapatkan 270 dari 538 suara elektoral untuk bisa memenangkan pilpres. Keunggulan Biden untuk memperlebar selisih suara dari Trump karena ia memenangkan suara elektoral untuk Michigan dan Wisconsin. Sebelumnya, Trump menguasai kedua daerah ini.

Berdasarkan perhitungan versi CNN, saat ini proses rekapitulasi suara elektoral hanya tinggal menunggu dari beberapa negara bagian. Yakni Alaska, Arizona, Georgia dan Nevada.

sumber | CNN Indonesia

Related posts

Leave a Comment